Mission

APRIANO developed to posting that All PRIce is A NegOtiable. You could find the Daily Bread (Bacaan Harian for Indonesian) that updated daily from Monday to Friday. There are also a lot of Free stuff for you such as mobile application, wallpaper, and etc. Some good reading also posted and open to discussion.

Gobible Deuterokanonika

Kira-kira hampir satu tahun saya mencoba untuk merealisasikan ide yang pada dasarnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dimana saja dan kapan saja.

Tanpa maksud untuk mencela, timbul pemikiran dimana saat ini saya perhatikan banyak orang lebih sering membawa handphone daripada Injil ataupun buku doa di dalam sakunya. Karena memang secara manusiawi cukup merepotkan. Dengan harapan semoga kontribusi saya ini dapat memberikan sesuatu yang berarti untuk kita agar dapat setiap saat membaca firman Tuhan agar lebih mengenal Pribadi dan Kehendak-Nya atas kehidupan kita.

Bersama ini perkenankan saya memperkenalkan aplikasi Bible untuk mengetahui cara penggunaannya dan dengan senang hati saya akan membantu bila ada masalah.

Untuk memperoleh aplikasi ini, tidak dipaksakan untuk biaya yang menjadi patokan. Yang menjadi tujuan utama saya adalah dapat membagikan kepada Saudara. Bila ada donatur tentu saya terima dengan puji syukur namun bukanlah paksaan dan semoga dapat dipergunakan untuk ide yang lain yang tentunya untuk aplikasi-aplikasi kerohanian lainnya. Mengingat proses instalasi yang memerlukan sarana inframerah atau Bluetooth atau via kabel data, maka penting untuk mengatur waktu agar dapat didistribusikan secara baik.


Semoga Tuhan memberkati kita semua.


Salam sejahtera

1.    Persyaratan Handphone
  • Dapat menjalankan aplikasi java yang lebih dari 512Kb
  • Kapasitas yang masih tersedia minimal 1.9 Mb
  • Mempunyai koneksi infrared atau bluetooth untuk instalasi

2.    Fasilitas yang tersedia
  • Penunjuk kitab, bab dan ayat
  • Pencarian kata dalam Injil
  • Penyimpanan hasil pencarian atau bacaan agar dapat dibaca diwaktu lain
  • Pengiriman SMS isi Injil
  • Pengaturan tampilan
  • Pembacaan Injil harian secara acak / random
  • Kamus Injil

3.    Cara Penggunaan
3.1.    Pertama kali

Pada saat pertama kali dijalankan sejak instalasi, aplikasi akan membuka kitab 1 Korintus, 1:1. Aplikasi diurutkan berdasarkan abjad untuk tujuan memudahkan penggunaan dan bukan bertujuan mengubah urutan Injil yang berdasarkan historis.  Pembukaan berikutnya akan disesuaikan dengan kitab yang dibuka pada saat terakhir digunakan. Gambar ini tidak mewakili semua jenis handphone dalam hal nama judul / menu yang tidak berubah fungsinya. Gunakan tombol ke atas atau ke bawah untuk membaca ayat sebelumnya atau sesudahnya. Pembacaan juga dapat menggunakan tombol angka yaitu:

1 untuk kitab sebelumnya
4 untuk kitab sesudahnya
2 untuk bab sebelumnya
5 untuk bab sesudahnya
3 untuk ayat sebelumnya 
6 untuk ayat sesudahnya.

3.2.    Penunjuk kitab, bab dan ayat

Gunakan fungsi dari Buka yang tampil di bawah layar sebelah kiri atau dengan memilih Menu* dan pilih Buka. Gunakan kursor handphone ke kiri – ke kanan untuk pindah posisi antara kitab, bab atau ayat dan ke atas dan ke bawah untuk memilih kitab, bab dan ayat yang akan dibuka. Pada gambar ini, posisi berada pada kolom kitab.


Note: Menu* (sesuai jenis handphone, kadang ditampilkan More atau Options)
Untuk memilih kitab lain gunakan kursor ke atas atau ke bawah dan untuk pindah posisi dari kitab ke bab gunakan kursor ke kanan. Dapat juga dengan menekan tombol angka 2 untuk kitab sebelumnya atau 8 untuk kitab berikutnya (secara abjad). Pilih Buka untuk membuka isi kitab dengan menekan tombol kiri atas handphone (mengikuti posisi tulisan Buka di layar handphone anda).

3.3.    Pencarian kata dalam Injil

Mencari sebuah kata dalam Injil dalam aplikasi ini sudah didukung, hal ini dapat dikatakan seperti konkordansi. Misal kita ingin mencari kitab yang menyinggung mengenai sesuatu, dalam contoh kata kasih yang dicari dari kitab 1 Korintus sampai kitab Zefanya untuk mencari kata kasih secara keseluruhan.

Perlu diingatkan kembali bahwa pencarian kata ini harus menggunakan urutan berdasarkan abjad sehingga belum menjawab pertanyaan untuk “Kitab apa saja yang berhubungan dengan kasih pada perjanjian baru?”

Pilih Cari untuk memulai pencarian kata. Aplikasi akan memulai pencarian dan terlihat pada layar status pencarian. Pilih Berhenti untuk selesai atau biarkan sampai selesai. Dalam gambar ini, sudah ditemukan sebanyak 84 ayat yang mengandung kata kasih.  Hasil akan ditampilkan dan pilihlah ayat yang akan dibuka dengan menggunakan tombol kiri atas handphone anda (sesuaikan jenis handphone) atau pilih Berikutnya untuk melihat hasil pencarian yang ada berikutnya atau pilih Batal untuk kembali.

3.4.    Penyimpanan hasil pencarian atau bacaan agar dapat dibaca diwaktu lain

Misalkan kita pilih 1 Korintus 4:21 untuk dicatat, setelah membuka isinya dengan menekan tombol kiri atas, pilih Menu atau More (sesuai jenis handphone) kemudian pilih Tambah Catatan untuk menyimpan ayat tersebut. Dengan demikian, pada lain kesempatan bila ingin membuka ayat tersebut lagi, kita dapat membukanya dengan memilih Menu / More kemudian pilih Daftar Catatan seperti terlihat pada gambar ke 2. Pilih Lihat untuk membuka atau Menu atau More * untuk menghapus atau kembali (membatalkannya) seperti pada gambar ke 3.

Note: Menu* (sesuai jenis handphone, kadang ditampilkan More atau Options)

3.5.    Pengiriman SMS isi Injil

Mengirim isi ayat yang terbuka kepada rekan kita dapat dilakukan dengan memilih Menu* kemudian pilih Kirim SMS. Pilihan ayat sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar namun dapat kita ubah untuk ayatnya dari dan sampai ayat berapa yang akan dikirim. Pilih Kirim ayat untuk kemudian melihat isi ayat yang akan dikirim dan dapat pula ditambahkan kata-kata dari kita seperti menyunting SMS biasa seperti terlihat pada gambar ke 2. Kemudian pilih Kirim, aplikasi akan menanyakan Nomor HP yang dituju kemudian pilih Kirim untuk mengirim atau untuk membatalkan pilih Batal. Bila tidak ada tombol Batal dapat memilihnya dari Menu* kemudian pilih Batal.

3.6.    Pengaturan tampilan

Dalam mengatur tampilan ditujukan agar lebih menyesuaikan dengan selera seseorang dalam membaca tulisan agar lebih nyaman. Pilih Menu* kemudian Tampilan untuk mengaturnya. Beberapa hal yang dapat diatur antara lain:
  • Ukuran huruf yang dapat dipilih antara ukuran Kecil, Sedang, atau Besar.
  • Jenis huruf yang dapat dipilih antara jenis huruf Normal atau Tebal.
  • Layar penuh yang dapat dipilih antara Aktif atau  Non Aktif. Hal ini berguna untuk lebih banyak memuat isi ayat yang ditampilkan dilayar. Bila aktif, tombol bawah akan tidak tampak di layar. Untuk mengaktifkan menu yang ada gunakan tombol kiri atas handphone.
  • Theme berguna untuk memberikan warna yang sesuai dengan tema yang ada. Terdapat beberapa tema yakni Kertas (huruf warna hitam dengan latar belakang warna putih), Komputer (huruf warna hijau dengan latar belakang hitam) dan sebagainya. Pilih Menu* kemudian Ubah untuk mengubah tema. Setelah memilih yang sesuai pilihlah Pilih untuk menggunakan tema tersebut.
  • Balik warna dan Balik huruf digunakan untuk mengubah susunan warna dan huruf. Misalkan untuk tema Kertas, bila diaktifkan maka warna huruf menjadi putih dan warna latar belakangnya menjadi hitam. Sedangkan untuk Balik huruf maka bila kata yang sebenarnya “Markus” akan ditampilkan menjadi “sukraM”. Tujuannya hanya untuk permainan semata dalam melatih mengingat kitab-kitab yang ada.
  • Urutan untuk mempermudah pembukaan kitab dapat menggunakan urutan berdasarkan alfabetik atau historis sesuai dengan selera pemakai.
Note: Menu* (sesuai jenis handphone, kadang ditampilkan More atau Options)
Sebagai contoh, misal saya akan mengubah tampilan ukuran huruf besar, jenis huruf tebal, layar penuh aktif dan temanya Biru. Hasilnya akan menjadi seperti gambar ini di sebelah kanan ini.

3.7.    Pembacaan Injil harian secara acak / random

Fungsinya kurang lebih untuk membuka ayat apa saja yang ingin kita baca. Mungkin dengan berdoa terlebih dahulu untuk memohon petunjuk Tuhan mengenai firman apa yang akan disampaikan. Saya bukan bermaksud menyucikan aplikasi ini, aplikasi ini hanya sarana yang segala sesuatunya hanya Tuhan yang berkuasa dan berkenan. Untuk menggunakannya, pilih Menu* kemudian pilih Acak untuk menampilkan isi ayat yang dibuka secara acak tersebut.


3.8.    Penutupan aplikasi
Untuk menutup aplikasi dapat menggunakan Menu* kemudian pilih Keluar. Aplikasi ini tidak menutup panggilan telepon atau SMS yang masuk pada saat dijalankan. Penting bagi kita untuk mengatur handphone dalam keadaan menolak (reject) panggilan telepon atau dengan meniadakan volume (silent) pada saat misa agar menjaga ketenangan suasana.

Note: Menu* (sesuai jenis handphone, kadang ditampilkan More atau Options)

4.    Kritik dan Saran
Tentunya tidak ada yang sempurna namun mencoba memperbaiki agar lebih sempurna tentu akan sangat baik. Bilamana ada kata dalam ayat yang kurang atau tidak benar dengan senang hati saya mendapat kabar dari Saudara yang tentunya akan menambah dan memperbaiki aplikasi ini dapat diberitahukan kepada saya. Terimakasih dan salam sejahtera.

Silakan klik link dibawah untuk didownload, untuk Java Mobile bisa install langsung setelah download namun untuk Blackberry silakan download ke desktop dan extrak terlebih dahulu untuk kemudian menggunakan Blackberry Desktop Software untuk di install ke handphone Blackberry Anda.

Articles

OASE ROHANI

Silakan klik disini untuk download OASE Rohani hari ini. Merupakan hasil rekaman daripada renungan harian dari radio Cakrawala 98.3 FM tiap jam 5am.
Rekaman ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin mendengar di lain waktu.
Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.

Followers

Berikutnya...

* Kutipan Bacaan Harian
* iPhone Deuterokanonika
* Windows Mobile Deuterokanonika

Views

About

Erick Stefanus Jahja
erickstefanus@gmail.com
+62 813 1818 0730

+62 21 5144 777 9